Beranda blog

FIK Unimed Gelar Seminar Nasional Pendidikan Olahraga Tahun 2018

0

MEDAN (Unimed) – Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan Olahraga Tahun 2018 di Ruang Seminar Digilib lt.4. Seminar ini mengambil tema “Peningkatan Mutu Guru dan Pembelajaran Penjas Berbasis Penelitian Nilai-nilai Kearifan Lokal Guna Mendukung Prestasi Olahraga Nasional”.

Pada Seminar tersebut menghadirkan 3 narasumber diataranya Prof. Dr. Tandiyo Rahayu, M.Pd. Dekan FIK Uneversitas Negeri Semarang, Dr. Phil. Ichwan Azhari, M.S Ketua PUSIS Unimed, dan Dr. Ardi Nusri, M.Kes., AIFO Dosen FIK Unimed. Hadir pada Seminar ini Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom M.Pd., Wakil Rektor, Dekan FIK Dr. Budi Valianto, M.Pd. selaku ketua Panitia, serta Dekan di lingkungan Unimed, seluruh Wakil Dekan FIK dan ratusan peserta serta pemakalah

Ketua Panitia Dekan FIK Dr. Budi Valianto, M.Pd. melaporkan bahwa seminar nasional ini diikuti 307 peserta dan untuk makalahnya  ada 9 tema makalah. “Seminar ini merupakan cikal bakal agar pada tahun 2019 nanti dapat menjadi seminar internasional karena itu kami menghadirkan narasumber dari UNNES dengan harapan nantinya dapat bekerjasama dengan UNNES untuk menghadirkan keynote speaker insternasional yang telah menjalin atau bemitra dengan UNNES,” ujar Dekan FIK dalam laporannya.

Rektor Unimed dalam sambutannya sangat mengapresiasi seminar nasional ini karena dengan diadakannya seminar ini diharap dapat merumuskan kembali olahraga sebagai alat pendidikan di sekolah.

“Dengan menggunakan olahraga sebagai alat pendidik kita dapat membuat rakyat menjadi sehat jasmani dan rohani hal itu sesuai dengan Undang-undang dimana rakyat Indonesia harus sehat jasmani. Karena kesehatan adalah substansi yang sangat penting jika rakyat sehat maka dapat meningkatkan daya saing dan prestasi negeri,” ungkapr Prof. Syawal.

Prof. Syawal juga mengajak untuk kembali meningkatkan pembalajaran penjas disekolah agar dapat menanamkan pentingnya perilaku sehat karena dengan pembelajaran penjas dapat membangun kesadaran murid untuk berolahraga.

Salah satu pemateri Dekan FIK UNNES menjelaskan Olahraga itu pada awalnya diawali dengan bermain setelah itu menjadi suatu permainan dan ketika dia sudah menjadi lembaga barulah disebut olahraga.

Dr. Ardi Nusri dalam paparannya mengatakan olahraga diyakini mampu mengembangkan sifat-sifat kepribadian yang unggul dan untuk mengembangkan potensi diri manusia. Dr. Ardi juga berpendapat guru penjas mempunyai peran dalam mendukung anak untuk meraih sebuah prestasi dalam olahraga.

“olahraga juga mempunyai hubungan dengan kearifan lokal hal ini tertuju pada permainan tradisional (budaya lokal). Hal itu dikarenakan di dalam permainan tradisional terdapat pola gerak dan pola gerak pada permainan tradisional merupakan komponen fisik utama pada olahraga,” terang Dr. Ardi yang merupakan Dosen FIK Unimed.(Humas Unimed)

FIK Unimed Jadi Tuan Rumah FDK Seluruh Indonesia

0

Prapat – Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed mendapat amanah untuk menjadi Tuan Rumah Pertemuan Forum Dekan Keolahragan Indonesia yang pesertanya dari fakultas Keolahragaan dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan pada 9-10 Agustus 2018 di Hotel Niagara, Prapat. Pertemuan Forum Dekan juga dihadiri Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., beserta Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S., Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc.,Ph.D., Dekan dan Wakil Dekan Olahraga beserta ketua jurusan perguruan tinggi keolahragaan di Indonesia dari Unimed Medan, UPI Bandung, UNP Padang, UNJ Jakarta, UNY Yogyakarta, hingga Undiksha Bali.

Dekan FIK Unimed Dr. Budi Valianto, M.Pd., menyampaikan “tujuan kegiatan ini adalah untuk penyamaan persepsi untuk menyatukan rumusan kompetensi dan sebagai mata kuliah pada kurikulum, dimana setiap ketua program studi dan para dekan merumuskan profil lulusan, standar lulusan, kompetensi lulusan dan sebaran mata kuliah persemester, Selain itu tujuan dari pertemuan forum ini untuk penguatan kerjasama lintas Forum Dekan Keolahragaan Indonesia.” Ujar Dekan FIK Unimed.

Lanjut Dekan FIK Unimed menyatakan bahwa mempertahankan ‘silaturahmi’ penting untuk memperkuat kejayaan Fakultas Ilmu Keolahragaan yang ada di Indonesia. Di akhir sambutannya, Sumaryanto menitipkan harapan dan doa agar pertemuan Forum Dekan Keolahragaan mendapatkan berkah dan ridho dari Allah SWT dan semakin solid dalam memajukan keolahragaan di Indonesia baik secara kelembagaan maupun keilmuan.

Rektor Unimed Prof. Syawal Gultom dalam sambutannya sebagai tuan rumah mengatakan, selamat datang di Medan Bapak/Ibu Dekan Fakultas Keolahragaan kami doakan semoga bapak/ibu merasa nyaman dan bahagia selama berada disini. Kami merasa bangga dan bahagia telah dipercaya menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Forum ini. Kita bersama berharap semoga pertemuan ini akan menghasilkan kesepakatan terbaik untuk pengembangan dan peningkatan sistem akademik, manajemen dan kerjasama yang diamanahkan oleh civitas kepada kita, khususnya di Fakultas Keolahragaan. (Humas Unimed).

Mahasiswa FIK Unimed Sabet 3 Medali Emas di Invitational Tournament Asian Para Games 2018

0

Jakarta – Eko Saputra Mahasiswa FIK menyabet 3 medali emas sekaligus cabang olahraga atletik pada event Invitational Tournament Asian Para Games 2018 dalam nomor lomba lari 100m, 200m dan 400m klasifikasi T3 (low vision).

Invitational Tournament Asian Para Games 2018 merupakan test event dan kualifikasi untuk persiapan Asian Para Games 2018. Perhelatan ini berlangsung di Jakarta mulai tanggal 28 Juni – 3 Juli 2018. Ada lima cabang olahraga yang dipertandingkan antara lain, para atletik, bulutangkis, para swimming, dan basket kursi roda akan masuk dalam kategori test event. Untuk nomor pertandingan, para atletik akan memperlombakan 86 nomor, bulutangkis 14 nomor, para swimming 77 nomor, tenis meja 44 nomor, dan basket kursi roda 1 nomor saja. Semua nomor lomba ini akan berdasarkan pada klasifikasi yang berstandar internasional.

Berbeda dengan Asian Games yang mempertandingkan peserta yang normal, Asen ParaGames merupakan Pesta Olahraga untuk atlet-atlet yang mengalami cacat fisik (difabel). Asian Para Games akan dilaksanakan pada 8-16 Oktober mendatang, diikuti oleh 13 negara diantaranya Indonesia, Hong Kong, India, Singapura, Jerman, Korea, Venezuela, Taipei, Thailand, Belanda, Kazakhstan, Iran, dan Malaysia.

Mahasiswa Jurusan PJKR 2015 ini menuturkan kunci supaya berlari lebih cepat yaitu dengan latihan teratur, terprogram dengan target waktu, makanan harus seimbang dan jaga kondisi agar tetap prima. “Mewakili Indonesia merupakan kebanggaan tersendiri untuk saya terlebih lagi untuk keluarga dan Universitas Negeri Medan, mohon dukungan kita semua agar kita bisa raih kemenangan di event Asian Para Games 2018 pada Oktober mendatang.”

Dekan FIK Unimed Dr. Budi Valianto, M.Pd. mengatakan “Selama ini masyarakat hanya mengenal pertandingan dan perlombaan di cabang olahraga diikuti oleh manusia yang normal mulai dari PON, Sea Games, Asian Games, dan Olympiade. Untuk yang khusus juga diwadahi pada lomba di Para Games. Kami di FIK Unimed juga mempersiapkan lulusan agar bisa menjadi atlet dan membina cabang olahraga para games ini dan segenap civitas akademika FIK Unimed mengucapkan selamat pada Eko atas prestasi yang sudah diraih serta seiring bertambahnya usia kalau sekarang sukses sebagai atlet dapat dilanjutkan dengan melatih dan membina atlet Para Games.”

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, mengucapkan selamat kepada Eko Saputra Mahasiswa FIK Unimed yang telah berhasil ukir prestasi internasional Para Games 2018. Kami pimpinan seluruh civitas ikut bangga atas prestasi ini. Kita berharap saudara Eko terus mengasah skill diri dan tetap rendah hati. Semoga terus bisa berprestasi membawa nama baik Indonesia, Sumatera Utara dan Unimed diberbagai kompetisi. Prestasi ini juga kita harapkan dapat memicu seluruh mahasiswa Unimed untuk terus belajar, berusaha, berkarya untuk mengejar prestasi sesuai bidang yang digeluti. Tidak ada kata terlambat jika kita mau berusaha dengan sungguh-sungguh dalam mengejar prestasi. (Humas Unimed)

FIK Optimalikan Potensi Dukung PK BLU

0

Medan (Unimed) – Dalam rangka mengoptimalisasi pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK Unimed) mengadakan Forum Group Discussion (FGD) di Lt.2 Aula FIK Unimed pada 6 Juni 2018. Turut hadir Rektor Unimed, Dekan FIK, Wakil Dekan, puluhan dosen se-lingkungan FIK dari PKJR, IKOR dan PKO.

Pada sambutannya, Dekan FIK Dr. Budi Valianto, M.Pd. mengatakan FGD PK-BLU memberikan wawasan dan ide-ide baru kepada dosen-dosen untuk menggali dan mengoptimalisasi potensi yang ada di prodi, khususnya dibidang olahraga. FIK dengan sarana dan prasarananya yang lengkap dapat menjadi modal dasar dalam memberikan pelayanan pendidikan keolahragaan. Diharapkan agar masukan dan paparan dari Rektor dapat menjadi bahan masukan untuk kemajuan FIK terutama dalam mengembangkan potensi pemasukan bagi Unimed.

Selanjutnya, Rektor Unimed, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. menjelaskan manfaat BLU terhadap Unimed, antara lain : 1) memberikan pelayanan yang prima dengan berorientasi pada kepuasan mahasiswa, 2) mengoptimalkan PNPB dan mengefisiensikan belanja BLU, 3) mereformasi birokrasi BLU dan mewujudkan good governance dengan melaksanakan prinsip efisien, efektif, ekonomis, produktif, transparan dan akuntabel, 4) melakukan pengelolaan keuangan yang mandiri dan otonom.

“Potensi di Fakultas Ilmu Keolahragaan ini sangat besar, dengan fasilitas olahraga yang memumpuni. Selain itu kita akan segera membuat asrama untuk mahasiswa, menjadikan Unimed menjadi pusat pelatihan olahraga seperti basket, renang, bela diri, renang, sepakbola, badminton, tenis dan lainnya, melakukan pembinaan guru-guru olahraga di Sumatera Utara, melakukan berbagai kerjasama, melakukan event-event olahraga dan lainnya yang dapat menggali potensi pemasukan bagi Unimed. Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan income generate tiap prodi harus terlebih dahulu memetakan potensi, kemampuan dan juga peluang yang bisa dipasarkan. Disamping itu, dosen-dosen diharapkan untuk menulis dan melakukan penelitian-penelitian yang melibatkan mahasiswa,” tegas Prof. Syawal. (Humas Unimed)

FIK Unimed Lepas Tim Hoki Ikuti Pemusatan Latihan Asian Games 2018

0

Medan – Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan menggelar acara syukuran atas prestasi tim Hoki Unimed yang akan mengikuti pemusatan latihan nasional untuk berkompetisi di Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Kegiatan syukuran dan pelepasan ini di digelar di Lapangan Hoki FIK Unimed, Senin (14/5). Acara syukuran dan pelepasan ini diawali dengan makan siang bersama dan dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Dr. Budi Valianto, M.Pd., Wakil Dekan I FIK Unimed Drs. Suharjo, M.Pd dan Wakil Dekan III Drs. Mesnan, M.Kes.

Acara syukuran dan pelepasan ini dibuka oleh Dekan FIK Dr. Budi Valianto, M.Pd. dalam sambutannya beliau menyampaikan “Kami bersyukur tim Hoki Unimed mendapat panggilan untuk mengikuti pemusatan latihan dalam persiapan Asian Games. Sungguh ini menjadi prestasi bagi civitas FIK, Unimed dan Sumatera Utara, karena mereka ini tim Unimed menjadi wakil kita di tim Hoki nasional. Kita berharap para atlet yang berlatih ini dapat meningkatkan keterampilan skill semakin meningkat sehingga nantinya dapat membawa merah putih meraih juara. Pemusatan latihan ini merupakan persiapan menuju Asian Games yang akan di gelar agustus 2018 mendatang. Kegiatan syukuran dan pelepasan Tim Hoki ini kita gelar sebagai untaian rasa syukur dan memberikan semangat bagi tim Hoki Unimed dalam mengikuti pemusatan latihan. Semoga menjadi penambah semangat bagi tim Hoki untuk menggelorakan semangat dan bisa berprestasi di kompetisi riil nanti di ajang Asian Games,” ujar Dekan FIK.

Haris Fadillah dalam komentarnya mengatakan, ucapan rasa syukur dan terima kasih atas dukungan civitas FIK Unimed yang menggelar syukuran dan pelepasan kami untuk mengikuti pemusatan latihan Platnas. Kami akan berusaha semaksimal munkin agar dapat mengukir prestasi di kanca nasional dan membawa nama harus FIK Unimed dan Sumatera Utara. Kami mohon doa dan dukungan civitas Unimed agar kami diberi kemudahan pada pemusatan dan pertandingan ril nanti di Asian Games di Jakarta dan Palembang.

Sebanyak 3 pemain hoki dari Unimed yang mengikuti pemusatan latihan nasional (Platnas) yang nantinya akan memperkuat tim nasional (timnas) hoki dalam perhelatan Asian Games 2018. Ketiga patriot-patriot olahraga Sumut tersebut adalah Haris Fadillah Siregar dan Nanda Ibanasia Rahman di kelompok putra. Serta Masriana Sirait di bagian putri. (Humas Unimed).

Mahasiswi FIK Raih Emas di Kejuaraan Pencak Silat Peguruan Tinggi Se-Indonesia

0

Jakarta (UNJ) – Mahasiswi FIK Unimed Rizka Andini berhasil meraih medali emas di Kejuaraan Pencak Silat antar Peguruan Tinggi UNJ OPEN I / 2018 Se Indonesia yang diadakan oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tanggal 11 – 13 Mei 2018 di Gor Ciracas, Jakarta.

UNJ Open I merupakan salah satu kegiatan rutinitas Klub Olahraga Prestasi Pencak Silat Universitas Negeri Jakarta. UNJ Open I bertujuan untuk membina dan mempersiapkan regenerasi atlet yang nantinya akan muncul atlet-atlet tingkat dewasa Indonesia yang berpotensi dan berkualitas dengan tetap menjunjung tinggi Bangsa Indonesia serta jiwa nasionalisme pada budaya dan selalu menjaga Sportivitas.

Rizka Andini ketika diwawancarai oleh Humas Unimed mengatakan bahwa dia merasa bangga serta bersyukur dapat menang dan memperoleh medali emas di UNJ Open I. Rizka berkata bahwa dia sangat senang karena dapat mengharumkan nama FIK dan Unimed di kejuaraan nasional UNJ Open. Tidak Lupa Rizka juga mengucapkan terima kasih kepada pelatihnya serta bapak dekan, wakil dekan dan dosen yang telah memberikan support. di akhir wawancara Rizka menyampaikan pesan “Buatlah Impian-impian yang besar Dan mulailah melangkah untuk mewujudkan Impian itu meskipun baru dapat melakukan langkah yang paling kecil. Jangan pernah menyerah karena akan Ada keberhasilan jika kita tidak pantang menyerah dan yakinlah bahwa kegagalan akan menyempurnakan hasil akhir,” kata Rizka ketika diwanwancarai.

Dr. Budi Valianto, M.Pd, Dekan FIK Unimed, mengatakan merasa bangga dan bersyukur karenasalah seorang mahasiswa FIK dapat meraih prestasi medali emas kejuaraan pencak silat Se-Indonesia. “Saya ucapkan selamat kepada Rizka, prestasi ini merupakan kabar gembira bagi kami pimpinan karena Rizka berhasil membawa nama baik Unimed di kejuaraan nasional. Diharap ketika kembali ke kampus Rizka dapat berbagi pengalaman dan wawasan kepada mahasiswa FIK lainnya agar  mereka jangan ragu-ragu dalam melangkah menjadi atlit nasional yang membawa nama Unimed serta Indonesia di kejuaraan tingkat nasional dan dunia,“ ujar Dr. Budi Valianto.

Di kantornya Prof. Syawal Gultom, Rektor Unimed juga mengucapkan selamat dan ikut bangga karena mahasiswa FIK Unimed yang mengikuti Kejuaraan pencak silat antar Perguruan Tinggi Se Indonesia berhasil ukir prestasi yang membanggakan dengan membawa pulang medali emas mengalahkan lawan-lawannya. “Kita civitas Unimed mengucapkan selamat dan sukses kepada Rizka  karena telah ukir prestasi ditingkat nasional. Kita berharap prestasi ini dapat mendorong semangat seluruh mahasiswa Unimed untuk tetap bekerja keras dan belajar cerdas untuk dapat berprestasi diberbagai kegiatan akademik, olahraga dan lainnya. Unimed maju, berdaya saing dan harum sepanjang masa karena kita yakin seluruh warga Unimed dapat terus berinovasi dan berkarya mengaharumkan nama Unimed di ajang internasional dan nasional,” ujar Prof. Syawal. (Humas Unimed).

FIK Unimed Bekali Mahasiswa agar Sukses Magang I dan II

0

Medan (Unimed) –  Dengan diberlakukannya kurikulum KKNI yang mewajibkan mahasiswa prodi kependidikan untuk melakukan magang ke sekolah selama 3 kali pada semester II, IV dan VI. Fakultas Ilmu Keolahragaan menggelar acara Kuliah Umum Pembekalan Magang untuk mahasiswa semester II dan semester IV  di Auditorium Kamis (08/03/18). Kuliah Umum Pembekalan Magang diikuti oleh 530 mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan semester I dan II.

Acara Kuliah Umum Pembekalan Magang dihadiri Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, selaku narasumber, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Wakil Rektor IV, Dekan FIK Dr. Budi Valianto, M.Pd., Dekan FBS, Dekan FMIPA, Wakil Dekan I, II, dan III FIK, seluruh ketua jurusan, sekretaris jurusan, ketua program studi dan dosen dilingkungan FIK Unimed.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai pembekalan kepada mahasiswa agar mempersiapkan konsep materi dan permasalahan apa yang akan di cari di tempat magang nantinya. Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. sebagai narasumber akan memberikan pembekalan pada kegiatan tersebut.

Prof. Syawal Gultom, dalam paparannya mengatakan kepada para mahasiswa agar mahasiswa terlebih dahulu harus mengerti tujuan dan kenapa harus melaksanakan magang.

“Kita melakukan magang karena agar dapat mengobservasi fisik sekolah, siswa guru, dimana hasil dari observasi kita dapat memecahakan masalah/kendala yang dihadapi.” Ujar Prof. Syawal

Lanjut Beliau, Dengan adanya pelaksanaan magang I dan II berdasarkan KKNI diharapkan ada menguatakan profesionalisme guru lulusan FIK Unimed yang dapat melatih mahasiswa mematangkan alur pikir dan mahasiswa dapat menyatukan konsep teori dan realitas di lapangan. Jika sejak dini mahasiswa bisa memahami segala permasalahan yang dialami oleh guru dalam proses pembelajaran, kemudian dilanjutkan dalam analisis bersama mencari alternatif solusi terbaik.

Prof. Syawal juga mengatakan guru olahraga selain harus memiliki kemampuan/skill mengenai olahraga, seorang guru olahraga juga harus mempunyai kemampuan lainnya seperti bahasa inggris, IT/ict karena kemampuan tersebut sangat dibutuhkan pada jaman sekarang selain itu seorang guru olahraga juga harus memiliki karakter.agar dapat terwujudnya menjadi seorang guru olahraga yang profesional yang dapat menghantarkan anak didiknya agar terus meraih prestasi sehingga mengharumkan nama baik Indonesia.

Pada saat memberikan paparan Rektor Unimed juga memanggil beberapa mahasiswa untuk maju ke podium kemudian memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang dipanggil dan rektor sangat mengapresiasi atas kemampuan mahasiswa fakultas ilmu keolahragaan dalam menjawab seluruh pertanyaan yang diberikan oleh Rektor Unimed. (Humas Unimed)

Tim Tenis FIK Unimed Juara III Nasional Piala Pangkosekhanudnas III 2018

0

Medan – Kabar gembira kembali didapat Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan karena tim olahraga professional yang dikirim FIK berhasil menjuarai Turnamen Olahraga Piala Pangkosekhanudnas III  Tahun 2018 pada cabang olahraga Tenis Lapangan. Turnamen tersebut digelar oleh TNI AU yang dilaksanakan di Polonia yang berlangsung selama 3 hari 23-25 februari 2018.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Kohanudnas yang ke-56 yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2018 lalu. Selain itu Event ini juga dilaksanakan untuk pembinaan prestasi dansebagai ajang silaturahmi untuk memajukan olahraga di Sumatera Utara karena hal ini penting untuk mendorong generasi muda agar mencintai olah raga tenis lapangan dan panahan.

Kompetisi ini diikuti oleh 3 cabang olahraga yaitu terdiri dari cabang tenis lapangan yang diikuti oleh 13 club dengan rincian 10 klub dari Sumatera Utara, satu dari Papua dan satu dari Aceh, panahan diikuti oleh 35 club, serta kontes burung perkutut maupun kicau. Masing-masing cabang olahraga diikuti oleh peserta dari luar Sumatera Utara.

Tim professional dari FIK Unimed membawa 11 orang yaitu Manajer  tim FIK Unimed Dr. Syamsul Gultom, M.Kes, Pelatih Drs. Suharjo, M.Pd., Asisten Pelatih Denggan Pulungan, S.Pd., M.Pd., dan 8 orang atlet. Tim Unimed bersama dengan tim dari Padang berhasil meraih Juara III di cabang olahraga Tenis Lapangan dan membawa pulang hadiah uang sebesar 10 juta untuk masing-masing tim, Juara I diperoleh Tim dari Papua dan mendapatkan 30 Juta Rupiah dan Juara II diperoleh Tim Poldasu dan mendapatkan 20 Juta Rupiah.

Mendengar kabar tersebut Dekan FIK Unimed Dr. Budi Valianto, M.Pd mengucapkan rasa syukurnya dan merasa bangga terhadap atlet yang dikirim FIK Unimed berhasil meraih juara III di ajang olahraga Piala Pangkosekhanudnas III  Tahun 2018. “Pada minggu lalu atlet kita dari FIK Unimed juga berhasil menjuarai komptisi di ajang internasional Kejuaraan Wushu di Rusia dan minggu ini kembali atlet profesional tenis FIK Unimed berhasil meraih prestasi di ajang olahraga nasional. Hal ini merupakan suatu kebanggan bagi kita civitas FIK Unimed dan juga semakin dapat mendorong semangat bagi mahasiswa dan dosen agar terus berupaya untuk meraih prestasi di ajang internasional dan nasional” ujar Beliau.

Di tempat berbeda Prof. Syawal Gultom, Rektor Unimed juga mengucapkan selamat dan ikut bangga karena dosen FIK Unimed yang mengikuti Piala Pangkosekhanudnas III berhasil ukir prestasi yang membanggakan dengan meraih Juara III. “Kita civitas Unimed mengucapkan selamat dan sukses kepada atlet dosen kita karena telah ukir prestasi ditingkat nasional. Kita berharap prestasi ini dapat mendorong semangat seluruh dosen agar terus bekerja keras dapat berprestasi diberbagai kegiatan akademik, olahraga dan lainnya di ajang nasional maupun internasional untuk menjadikan Unimed menjadi World Class University” ungkap Prof. Syawal. (Humas Unimed).

Celebrity Fitness Jalin Kerjasama dengan FIK Unimed

0

Medan, (21/2). PT. Exertainment Indonesia (Celebrity Fitness) menjalin kerja sama dengan FIK Unimed di ruang Dekan Fik pada rabu, 21 Februari 2018. Kerjasama ini untuk peningkatan/pengembangan SDM keolahragaan dan industri kebugaran. MoU ini disaksikan oleh Perwakilan dari celebrity fitness yaitu Dicky Ramadhani selaku Fitness Development Master Trainerbeserta staf, Wakil Dekan I, Wakil dekan III, beberapa dosen dan staf FIK yang hadir.

Exertainment Indonesia (Celebrity Fitness) ini merupakan perusahaan dalam bidang kebugaran dan kesehatan yang berkedudukan di Prudential Tower, Mezzer Floor Jalan Jendral Sudirman Jakarta. Di beberapa kota besar ada cabang usahanya, termasuk di Kota Medan.

Tujuan terjalinya MoU ini adalah untuk mengembangakan tenaga keolahragaan di Sumatera Utara khususnya Kota Medan, memberikan kesempatan bagi lulusan FIK Unimed untuk mengasah keterampilannya dibidang keolahragaan (fitness) dan melatih bisnis bidang keolahragaan. Pengembangan IPTEK keolahragaan secara berkelanjutan untuk memajukan keolahragaan nasional.

Dekan FIK Dr. Budi Valianto, M.Pd. menyambut hangat kedatangan dari fitness development master trainer, beliau menyampaikan rasa bangga dan terima kasih atas kepercayaan dari PT. Exertainment Indonesia (Celebrity Fitness)  karena berkenan menggandeng FIK Unimed menjadi salah satu kampus untuk mengembangkan bisnis kebugaran untuk sehat. Ini sungguh wujud kepercayaan kepada kami, semoga akan bermanfaat baik bagi kedua belah pihak. Kerjasama ini tentu sejalan dengan kurikulum berbasis KKNI yang telah kami terapkan di Unimed, yang mengarahkan agar sejak dini mahasiswa kita harus di dekatkan pada dunia industri. Sehingga setelah lulus akan mudah menyesuaikan diri dengan dunia kerja dan mudah mendapatkan kerja untuk mengimplementasikan ilmu dan skillnya. Kami FIK Unimed memiliki tenaga-tenaga profesional yang siap terampil dan membantu dunia industri dan masyarakat luas. Seperti di jurusan IKOR, mahasiswa telah kita bekali di bidang fitness, mereka kita arahkan menjadi seorang ahli, atau ilmuwan dibidangnya dan mahasiswa  FIK kedepannya harus menjadi ilmuan olahraga. Oleh karena itu, harapan kita semoga kerjasama ini menjadi pendorong untuk pengembangan ilmu secara profesional khususnya dibidang industri/usaha olahraga dan kesehatan.

Lanjut, melalui kerjasama ini, “kita akan membantu PT. Exertainment Indonesia (Celebrity Fitness) dalam mengembangkan bisnisnya dan kita berharap akan ada lulusan kita yang dapat bekerja sama untuk mengembangkan skill dan kemampuannya menjadi instruktur aerobik/instruktur fitness dan bahkan bisa membuka usaha sendiri nantinya. Kita harus sahuti bersama bahwa era milenial sekarang, industri kebugaran, kesehatan dan olahraga terus berkembang. Sehingga lulusan FIK Unimed harus kita siapkan untuk memiliki keahlian dan skill untuk menyahuti dunia kerja” ujar Dr. Budi.

Dicky Ramadhani selaku Fitness Development Master Trainer dalam sambutan singkat mengatakan, kami mengucapkan terima kasih dan juga bangga karena dapat menjalin kerjasama dengan kampus terbaik di Sumut yakni FIK Unimed. Kami juga berharap kerja sama ini dapat membantu kami dalam mengembangkan bisnis ini di Medan. Bagi lulusan Fik Unimed, kami akan memberikan fasilitas dan kesempatan untuk melaksanakan magang, seminar, workshop, penelitian untuk skripsi/tesis sesuai bidang yang kami kembangkan. Semoga kerja sama ini akan bermanfaat baik bagi kita bersama. (Humas Unimed).

Mahasiswa dan Dosen FIK Rebut Medali Emas dan Perak Kejuaraan Wushu di Rusia

0

MOSKOW – Atlet dan Pelatih dari FIK Unimed kembali membawa nama harum Indonesia dan Unimed di kanca internasional. Dr. Novita, M.Pd selaku Pelatih Kepala Atlet Wushu Indonesia dan juga merupakan dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Medan berhasil dan sukses membawa kembali 2 atlet Indonesia ke ajang kompetisi wushu internasional Moscow Wushu Stars 2018 yang diselenggarakan di Moscow Wushu Palace tanggal 16-20 Februari 2017 dan diikuti oleh 15 Negara.

Cabang olahraga wushu adalah salah satu cabang olahraga yang akan ikut dilombakan di Asian Games 2018. Agar Indonesia dapat meraih medali emas pada cabang olahraga wushu dilakukan pelatihan dengan mengirim atlet Indonesia ke Rusia.

Dua atlet yang dibawa  Dr. Novita berasal dari mahasiswa Unimed dari jurusan PJKR angkatan 2017 Rosalina Simanjuntak dan Mey Yulianengsih Kurniati dosen Unimed. Rosalina dan Mey berhasil menjadi juara di ajang Moscow Wushu Stars 2018 di kategori SANDA atau Tarung. Rosalina Simanjuntak berhasil mengalahkan lawan-lawannya di kategori berat 48 kg  membawa pulang medali emas sedangkan Mey Yulianengsih K. berhasil membawa pulang medali perak di kategori berat 60 kg.

Melalui video call Dr. Novita, Rosalina dan Mey, mengatakan kepada Humas Unimed, kami sangat senang, bangga dan bersyukur atas prestasi yang kami capai karena telah berhasil mengharumkan nama besar Indonesia di ajang kejuaraan wushu dunia yang berlangsung di Rusia ini. “Kami bangga dan bersyukur bisa meraih medali emas dan perak, serta dapat mempertahankan tradisi emas di cabang wushu tingkat dunia. Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Rektor, Bapak Wakil Rektor Unimed, Bapak/Ibu Dekan Unimed, beserta  sahabat kolega  Unimed atas doa dan dukungannya sehingga Bendera Merah Putih berkibar di Moscow. Salam Kami dari Moscow”. Ujar mereka.

Dr. Budi Valianto, M.Pd, Dekan FIK Unimed, mengatakan merasa bangga dan bersyukur karena dosen dan salah seorang mahasiswa FIK dapat meraih prestasi medali emas dan perak pada kejuaraan Moscow Wushu Stars di Rusia. Tentunya prestasi ini tidak terlepas dari bimbingan dan olah akal salah seorang dosen kita Dr. Novita, M.Pd selaku pelatih kepala mereka. Kami civitas FIK berharap setelah pulang ke Indonesia ibu Novita, Ibu Mey dan Rosalina dapat berbagi pengalaman dan wawasan kepada dosen dan mahasiswa FIK lainnya agar  mereka jangan ragu-ragu dalam melangkah menjadi atlit nasional yang membawa nama negara di kejuaraan dunia. “Menurut saya tidak ada hal yang tidak mungkin dapat kita capai, jika kita memiliki tekad, kemauan dan kegigihan dalam melatih diri menjadi atlit professional” ujar Dr. Budi Valianto.

Di tempat berbeda Prof. Syawal Gultom, Rektor Unimed juga mengucapkan selamat dan ikut bangga karena dosen dan mahasiswa FIK Unimed yang mewakili Indonesia pada Kejuaraan Wushu tingkat Internasional  di Rusia berhasil ukir prestasi yang membanggakan dengan membawa pulang medali emas dan perak. Kita civitas Unimed mengucapkan selamat dan sukses kepada mahasiswa dan dosen  karena telah ukir prestasi ditingkat internasional. Kita berharap prestasi ini dapat mendorong semangat seluruh dosen dan mahasiswa Unimed untuk tetap bekerja keras dan belajar cerdas untuk dapat berprestasi diberbagai kegiatan akademik, olahraga dan lainnya. Unimed maju, berdaya saing dan harum sepanjang masa karena kita yakni seluruh warga Unimed yang terus berinovasi dan berkarya. (Humas Unimed).

SOSIAL MEDIA

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

POSTING BARU