Pengabdian Masyarakat Dosen FIK UNIMED di Desa Pertambatan

Tim pengabdian kepada masyarakat Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan, mendesain suatu kegiatan yang bertujuan untuk memberdayakan dan membina potensi remaja desa dalam kegiatan olahraga, terutama dalam kegiatan olahraga sepak bola dan bola voli yang merupakan olahraga yang banyak di gemari masyarakat desa. Di pusatkan di lapangan sepak bola Desa Pertambatan dan lapangan Bola Voli Desa Pertambatan Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Begadai, kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Pengabdian yang terdiri dari Puji Ratno, SSi, MPd sebagai ketua pelaksana, Dewi Endriani, SPd, MPd, dan Dr Ardi Nusri, MKes AIFO. sebagai anggota, tim juga melibatkan mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Puji Ratno, selaku Ketua program pengabdian mengatakan bahwa kegiatan pemberdayaan dan pembinaan ini dilakukan atas dasar keprihatinan dosen FIK Unimed melihat banyaknya remaja di Desa Pertambatan yang tidak memiliki kegiatan yang positif. Padahal sarana lapangan sepak bola dan bola voli tersedia. Atas dasar itulah muncul ide kegiatan ini yang kemudian disetujui oleh pihak LPPM Unimed.

\'Program ini sudah berjalan selama 2 bulan, diawali dengan kegiatan mapping area, koordinasi dengan Kepala Desa, pemberian pelatihan dan pendampingan bagi anak Remaja dalam berlatih sepak bola dan bola voli, serta pemberian bantuan berupa peralatan latihan sepak bola, dan bola voli untuk membantu anak anak dalam berlatih olahraga di Desa Pertambatan dalam mendidik dan melatih remaja Desa Pertambatan dalam kegiatan olahraga Sepak Bola, dan bola voli\' ujar Ketua Tim Pengabdian .

Penggiat sekaligus pelatih sepak bola dan bola voli di Kelurahan Pekan Bahorok Wahyudin sangat berterima kasih atas terlaksananya kegiatan pengabdian ini.

Sumarno Sidabutar Selaku Kepala Desa Pertambatan, merasa terharu bahwa pihak LPPM unimed masih perduli dengan kegiatan sepak bola dan bola voli yang ada di Desa Pertambatan. Dan berharap kegiatan ini kerjasama ini dapat terus ditingkatkan.

Sumarno Sidabutar juga berpesan agar kegiatan seperti ini dapat berlanjut terus untuk tahun tahun yang akan datang, sehingga regenerasi pemain sepak bola dan bola voli di Desa Pertambatan tetap terjaga. Ia juga menyadari melalui kegiatan olahraga lah potensi dan bakat bakat anak remaja Desa Pertambatan dapat di asah.

`Kepada tim pengadian saya menyampaikan harapan agar kedepan kerjasama antara Desa Pertambatan dengan Universitas Negeri Medan dapat berlangsung dalam bentuk kerjasama dalam bidang pemberdayaan masyarakat yang lain,` pungkasnya.