Permasalahan KKG PJOK SD di Tebing Tinggi diselesaikan Dosen FIK UNIMED

PKM yang dilakukan pada kali ini adalah mengambil topik bidang Prasarana Peralatan Olahraga (POA) Bagi KKG PJOK Sekolah Dasar. Ide dasar dilaksanakan kegiatan PKM ini bermula dari banyaknya permasalahan pembelajaran PJOK di SD khususnya akses kesediaan dan ketersediaan sarana dan prasarana Olahraga anak bagi guru Sekolah Dasar di Tebing Tinggi khususnya dan Sumatera Utara Umumnya.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dr.Imran Akhmad, M.Pd. sebagai ketua pengabdi, Dr. Rahma Dewi, M.Pd., dan Dr. Amir Supriadi, M. Pd sebagai anggota dan diikuti oleh beberapa orang mahasiswa dari PPs dan FIK Unimed. Kesemua anggota memiliki peran yang berbeda sejalan dengan maksud dan tujuan kegiatan yang dilaksanakan. Mitra kegiatan tersebut adalah Kelompok Kerja Guru (KKG) PJOK SD di 2 kecamatan yaitu Kecamatan Bajenis dan Tebing Tinggi Kota di Kota Tebing Tinggi. Peserta dalam kegiatan ini terdiri dari 8 orang guru SD PJOK yang masing-masing kecamatan terdiri dari 4 orang.

Pada kesempatan ini Dr. Imran Akhmad, M.Pd menyampaikan rangkaian kegiatan pengabdian ini terdapat 3 kegiatan penting yang menjadi titik fokus tim pengabdian, yaitu; 1. Pendampingan penyusunan rancangan modifikasi peralatan olahraga anak dan teknik penggunaan alat, 2. Sosialisasi atletik kids dan teknik penilaian, dan 3. Perlombaan atletik kids dan praktik menilai. Selain itu peserta pengabdian KKG PJOK di Kecamatan Bajenis dan Kecamatan Tebing Tinggi Kota di Kota Tebing Tinggi juga mendapatkan pelatihan cara memodifikasi alat sederhana yang dapat dijadikan media dalam pembelajaran. Pada kesempatan tersebut kegiatan dihadiri oleh bapak Drs. Anam Ibrahim, M.Si., Selaku Tim pendamping sekaligus Monev dari LPPM Unimed

Di sesi akhir pengabdian, tim pengabdi menyerahkan satu paket Peralatan Olahraga Anak (POA) yang akan digunakan oleh KKG di dua Kecamatan yang dapat dijadikan media pembelajaran dan perlombaan atletik KIDS. Harapan Tim Pengabdian bahwa alat ini akan digunakan dalam pembelajaran yang meransang gerak peserta didik dan dapat dipergunakan bagi seluruh guru PJOK SD di 2 kecamatan sasaran bahkan sekota Tebing Tinggi.(Humas Unimed)