IMG_20240717_220509_194 - Ibrahim Sembiring

Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Or.

Ketua Prodi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR)

Usman Nasution, S.Pd., M.Pd.

Sekretaris Prodi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR)

Visi

Program studi unggul dan berdaya saing dalam bidang pendidikan jasmani, Kesehatan dan  rekreasi di tingkat nasional dan regional pada tahun 2025.

Misi

Tujuan

Profil Program Studi

Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Medan (Unimed) melalui Keppres RI No. 124 tahun 1999, memiliki identitas Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK), IKIP Medan bertransisi menjadi Universitas Negeri Medan, FPOK berganti nama menjadi FIK Unimed, mengelola tiga program studi salah satunya adalah Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) PS PJKR berdiri pada tanggal 11 Juli 1996 dengan nomor SK 240/DIKTI/KEP/1996, tanggal Izin Operasional 31 Agustus 2007 nomor SK. 123/DIKTI/Kep/2007. PS PJKR terakreditasi A BAN-PT Nomor SK. 359/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/I/2022.

PS PJKR mempersiapkan lulusannya untuk menjadi seorang pengajar, Peneliti Pendidikan Jasmani yang berkaitan dengan aspek Fisik, Kognitif, Afektif, Sosial, Psikomotor, Kesehatan, Gizi, Fisiologi, Anatomi, serta Keamanan dankeselamatanserta rekreasi dimna mahasiswa diajarkan dengan berbagai permainan dan kegiatan lapangan dengan tujuan mengatasi kejenuhan dari rutinitas yang dijalani.

Pada PS PJKR mahasiswa akan banyak belajar hal, mulai dari aturan-aturan dalam Olahraga, Metode Pengajaran Olahraga, Peningkatan Fungsi Fisik, Nutrisi, Strategi dan Taktik. Mahasiswa juga akan mempelajari tentang Kesehatan fisik dan mental. Tentunya Mahasiswa akan banyak melakukan praktik hampir semua jenis olahraga yang ada, sehingga mahasiswa akan selalu berada di luar kelas.

Peluang Karier

  • Tenaga Pengajar

    Peluang menjadi guru PJK sangatlah besar bagi mahasiswa untuk para lulusan PS PJKR hal ini dikarenakan setiap jenjang sekolah mulai dari SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA memerlukan Guru Penjas.

  • Asisten Peneliti

    Lulusan PS PJKR dapat menjadi asisten peneliti dibidang Pendidikan jasmani dalam memecahkan permasalahan pembelajaran, bisa menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji, dari hasil penilitian tersebut dapat mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam menentukan berbagai alternatif pemenuhan kebutuhan belajar bagi peserta didik dan memanfaatkan hasil riset untuk memecahkan permasalahan pembelajaran.

  • Tenaga ahli pendidikan Jasmani/ Personal Trainer

    Lulusan PS PJKR dapat juga menjadi Personal Trainer. Mahasiswa akan membantu mendampingi orang-orang berolahraga secara rutin dan konsisten. Meningkatnya kesadaran orang-orang akan pentingnya berolahraga dan kesadaranuntuk berolahraga didampingi seorang trainer juga semakin meningkat. hal tersebut menjadikan kebutuhan personal trainer kian hari makinminingkat.

  • Entrepreneurship

    Lulusan PS PJKR berkesempatan menjadi seorang Entrepreneurship dimana Menunjukkan kinerja inovatif dan kreatif yang dapat dipertanggungjawabkan pada para pengguna layanan, pemangku kepentingan, masyarakat dan mampu menciptakan peluang usaha dalam bidang pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi sesuai era industri dan teknologi.

  • Atlet

    Ketika mahasiswa kuliah di PS PJKR kamu memiliki Prestasi olahraga yang baik disalah satu cabang olahraga, kamu punya berkesempatan besar untuk menjadi seorang atlet dengan modal besar Teknik dan praktik yang telah dikuasai. Mahasiswa akan didukung menjadi seorang atlet yang professional sesuai dengan cabang olahraga yang mahasiswa sukai dan tekuni.

  • Pelatih

    Lulusan PS PJKR dapat memilih profesi menjadi seorang pelatih. Berbekal pengalaman ilmu yang didapat pada saat kuliah. Kamu dapat melatih disekolah-sekolah pada kegiatan ekstrakokulikuler olahraga, sebagai pelatih pemula dicabang olahraga sesuai dengan keahlian kamu serta melatih atlet yang sudah professional

Kompetensi Lulusan

Kompetensi Pedagogik
  • Memahami karakteristik peserta didik guru sekolah dari aspek fisik, sosial, moral, kultural, emosional, dan intelektual.
  • Memahami gaya belajar dan kesulitan belajar peserta didik.
  • Menguasai teori dan prinsip belajar serta pembelajaran.
  • Mampu memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik.
  • Menguasai berbagai metode dan media pembelajaran serta mampu memilih metode dan media yang tepat dan menerapkannya dalam proses belajar mengajar di sekolah.
  • Mampu menyusun perangkat pembelajaran dan melaksanakan inovasi pembelajaran yang mendidik di sekolah.
  • Mampu menilai proses dan hasil pembelajaran di sekolah.
  • Mampu merancang dan melakukan PTK (Penelitian Tindakan Kelas).
  • Kompetensi Kepribadian
  • Selalu menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, mandiri dan berwibawa.
  • Selalu tampil sebagai pribadi yang terpuji, berakhlak mulia, dan selalu menjadi teladan bagi peserta didik.
  • Berperilaku dan terus menerus mengembangkan diri sebagai pendidik yang profesional.
  • Mampu menilai kinerja sendiri yang dikaitkan dengan pencapaian tujuan pendidikan.
  • Kompetensi Sosial
  • Mampu berkomunikasi secara efektif dan empatik dengan peserta didik, orang tua peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, dan masyarakat sebagai stakeholders.
  • Mampu bekerja sama dalam tim untuk meningkatkan etos dan kinerja.
  • Mampu berintegrasi dengan lingkungan sekitar melalui ilmu pengetahuan yang diperoleh.
  • Mampu beradaptasi di tempat tugas yang memiliki keragaman sosial, agama, dan budaya.
  • Bersikap objektif dan tidak diskriminatif.
  • Menjadi anggota asosiasi profesi guru.
  • Kompetensi Profesional
  • Mampu menguasai materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di sekolah secara lisan, tulisan dan praktek.
  • Mampu membelajarkan peserta didik sesuai dengan materi pembelajaran.
  • Mampu menilai dan meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penelitian pendidikan.
  • Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bidang studi di sekolah.
  • Berkontribusi terhadap pengembangan pendidikan di sekolah dan masyarakat di tingkat lokal, regional, nasional, dan internasional.
  • Kurikulum Program Studi

    My Cart